#BreakTheBias : Selamat Hari
Perempuan Internasional

hari perempuan international

8 Maret adalah hari yang ditunggu seluruh perempuan di dunia. Mengingat di hari tersebut,  International Women’s Day atau Hari Perempuan Internasional dirayakan secara serentak. Di hari peringatan ini seluruh dunia merayakan segala pencapaian yang diraih oleh perempuan di berbagai bidang semacam sosial, ekonomi, dan budaya. Sebenernya Hari Perempuan Internasional diresmikan sebagai perayaan tahunan oleh PBB di tahun 1977. Keputusan ini diresmikan dengan tujuan buat memperjuangkan hak perempuan dan mewujudkan perdamaian di dunia. Hari Perempuan Internasional ini juga jadi acara tahunan yang resmi dirayakan oleh Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) untuk memperjuangkan hak perempuan di seluruh dunia, lho.

Setiap tahunnya Hari Perempuan Internasional memiliki tema kampanye yang berbeda-beda. Untuk tahun ini, #BreakTheBias jadi tema kampanye yang diusung di Hari Perempuan Internasional 2022. Tema ini diangkat bukan tanpa alasan. Tapi kamu tahu gak, kalau sebenernya ada  sejarah penting di balik perayaan tersebut? Dilansir dari laman International Women’s Day, tema itu dipilih buat merayakan pencapaian perempuan di seluruh dunia di bidang sosial, ekonomi, budaya, dan politik. Selama ini, perempuan dari berbagai latar sosial budayanya selalu memiliki bias, stereotip, dan diskriminasi. Akibatnya, kesetaraan gender sulit buat dicapai, bestie

Bias itu bisa datang dari mana aja, mulai dari komunitas, tempat kerja, sekolah, perguruan tinggi, dan lingkungan di sekitar. Kampanye #BreakTheBias mengajak seluruh masyarakat di dunia biar punya kesadaran terhadap bias yang selama ini nempel pada perempuan dan berupaya mematahkannya. Kampanye ini diharapkan bisa jadi ajakan positif buat laki-laki atau perempuan biar mampu bersikap dengan adil dan menghargai setiap perbedaan yang ada sehingga tercipta dunia yang inklusif.

Kalau lihat artikel di The Daily Star, tahun 2022 ini, International Women’s Day udah menetapkan sejumlah tujuan untuk bekerja menuju dunia ideal mereka. Salah satunya adalah membangun budaya kerja yang inklusif  bagi perempuan sehingga kontribusi mereka diakui dan karier mereka bisa selangkah lebih maju.

International Women’s Day juga berupaya membantu perempuan untuk bertanggung jawab atas kesehatan dan hak mereka. Selama bertahun-tahun perempuan telah menunjukkan kekuatan yang terbukti nyata dan wajib diperhitungkan di banyak sektor mulai dari seni, sains, olahraga, sampai dengan politik. Jadi sekarang bukan lagi tentang memecahkan hambatan, melainkan mematahkan semua bias yang ada saat ini.

Selamat Hari Perempuan Internasional 2022

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Related article